beberapa bendungan terbesar di dunia

 Bendungan merupakan suatu hal yang di buat dengan manusia yang dapat memudahkan pekerjaan manusia serta pula kepada menghindar bencana alam yang kerap tejadi di jagat misal banjir bandang. Di bawah ini ini merupakan ada banyak bendungan paling besar di jagat (dalam konteks volumenya) versus ditegal :

1. Bendungan Paling besar di Jagat Three Gorges Dam – China
Three Gorges Dam (Bendungan Tiga Ngarai) baru-baru ini adalah satu diantara bendungan paling besar di jagat sekalian pembangkit listrik tenaga air (PLTA) paling besar di jagat. Di bangun selama 2. 3 km menyebrangi Sungai Yangtze, China. Proyek ambisius ini dinilai yang menjadi proyek paling besar Cina mulai sejak dibangunnya Tembok Besar Cina. Proyek pembangunan bendungan paling besar di jagat ini sudah banyak memetik pro serta kontra. Kritik yang nampak terlebih datang besutan beberapa pakar geologi, pakar biologi serta pemerhati lingkungan.

2. Bendungan Paling besar di Jagat Syncrude Tailings – Kanada
Bendungan paling besar di jagat ke-2 ini terdapat di dekat Fort McMurray di Alberta, Kanada. Syncrude Tailing Dam mempunyai kemampuan di kisaran 540. 000. 000 mtr. kubik air. Awal mulanya adalah waduk sisa tambang minyak bumi yang lalu di buat bendungan.
bendungan terbesar di dunia
3. Bendungan Paling besar di Jagat Aswan Dam – Mesir
Bendungan ini sesungguhnya adalah sepasang bendungan, yakni di Bendungan Aswan Tetras serta Bendungan Aswan Rendah. Bedungan Aswan terdapat di daerah sungai Nil, Mesir. Bendungan ini di bangun di kisaran th. 1960 hingga 1970-an, yakni selanjutnya saat pemerintahan Presiden Gamal Abdel Nasser.
Manfaat paling utama bendungan Aswan merupakan menghalangi laju air besutan danau Nasser menuju ke sungai Nil. Dengan karenanya, di pinggir danau Nasser banyak ada resort-resort wisata tingkat jagat.

4. Bendungan Paling besar di Jagat Fort Peck, Amerika Serikat
Bendungan paling besar di jagat urutan ke-4 merupakan Fort Peck Dam yang terdapat di timur laut Montana. Bendunganini merupakan satu diantara besutan 6 bendungan yang terdapat di Sungai Missouri. Diawali selanjutnya 1933 yang menjadi sektor besutan New Deal yang diserahkan Presiden FD. Roosevelt serta sangat mungkin unggul besutan 11. 000 buruh miliki kerjaan sepanjang pembangunan. Bendungan yang mengakibatkan terbentuknya Danau Fort Peck, dipakai kepada mengatur banjir serta penghasil listrik.

5. Bendungan Paling besar di Jagat Tarbela Dam, Pakistan
Usai selanjutnya 976, Bendungan Tarbela, pula di kenal yang menjadi Torabela atau Pashto, dikira yang menjadi satu diantara bendungan paling besar di jagat yang pernah di bangun di Sungai Indus Pakistan. Walau bukanlah bendungan paling besar di jagat, namun adalah bendungan air paling besar yang di isi dengan cara alami dengan bumi. Bendungan ini menaruh air tak cuma kepada mengatur banjir, namun pula kepada irigasi serta produksi daya hidro-listrik.

6. Bendungan Paling besar di Jagat Mangla Dam, Pakistan
Bendungan paling besar di jagat urutan selain itu merupakan Mangla Dam yang terdapat di Pakistan. Bendungan yang ditulis yang menjadi bendungan paling besar nomor 12 ini merupakan bendungan yang berniat di bangun memakai dana besutan Bank Jagat kepada menyuguhkan batas perairan Pakistan. Selanjutnya waktu itu tepatnya th. 1960, di tandatangani Indus WaterbTreaty yang mengatakan yang menjelaskan ada banyak sungai misal Ravy, Heasb serta Suglej jadi punya Pakistan.

7. Bendungan Paling besar di Jagat Ataturk Dam, Turki
Bendungan Atatürk merupakan satu diantara bendungan paling besar di jagat yang membendung Sungai Eufrat di perbatasan dari Propinsi Adıyaman serta Propinsi Şanlıurfa di Daerah Anatolia Tenggara, Turki. Di bangun yang menjadi pembangkit listrik serta penyedia irigasi untuk tempat pertanian di sekelilingnya, bendungan ini dinamakan berdasar pada nama pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk. Pembangunannya diawali selanjutnya th. 1983 serta usai selanjutnya th. 1990. Bendungan serta PLTA berawal beroperasi sesudah pengisian waduk usai selanjutnya th. 1992 dan dioperasikan dengan Tubuh Hidraulika Negara (DSİ). Waduk yang terbentuk dibalik bendungan dinamakan Waduk Atatürk yang disebut waduk paling besar ketiga di Turki.

8. Bendungan Paling besar di Jagat Verzasca Dam – Switzerland
Bendungan Verzasca, pula di kenal yang menjadi bendungan Contra. Bendungan paling besar di jagat yang menempati urutan ke-8 ini di bangun dari th. 1960 serta 1965 di Val Verzasca, Swiss. Bendungan ini di bangun dengan Verzasca SA, satu vendor yang menyajikan listrik di daerah itu serta selalu mengerjakannya hingga sekurang-kurangnya th. 2046. Waduk The Lago di Vogorno merupakan bikinan, di ciptakan dengan bendungan tersebut, serta sudah bertanggungjawab mengakibatkan gempa bumi selanjutnya waktu waduk itu penuh dengan air.

9. Bendungan Paling besar di Jagat Nagarjuna Sagar – India
Bendungan paling besar di jagat ke sembilan yakni Nagarjuna Sagar. Bendungan ini bisa diketemukan di distrik Nalgonda di Andhra Pradesh – India. Dikira yang menjadi satu diantara yang paling besar yang pernah di bangun di Asia, bendungan ini usai selanjutnya th. 1966 serta mempunyai 26 gerbang puncak individu. Menilainya konstruksinya, bendungan ini merupakan yang paling tinggi di jagat yang bakal di buat besutan pasangan batu serta menyajikan danau bikinan manusia paling besar ketiga di jagat. Bendungan serta kanal-kanal vendor begitu utama untuk kekuatan kepada mengairi tempat di dekatnya.

10. Bendungan Paling besar di Jagat Srisailam Dam – India
Bendungan paling besar di jagat yang paling akhir ini terdapat di Sungai Krishna, Bendungan Srisailam di bangun di atas Bukit Nallamala dalam ngarai yang ada di kisaran 300 mtr. diatas permukaan laut. Bendungan ini adalah satu diantara besutan 12 bendungan penghasil listrik tenaga air paling besar di negara itu namun spesial di bangun dalam rencana memberi irigasi kepada distrik Kurnool serta Cuddapah – keduanya adalah daerah yang rawan bagi kekeringan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "beberapa bendungan terbesar di dunia"

Post a Comment